Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru, PCNU Salurkan Amanat 300 Juta dari Warga Nahdliyyin Jombang

By Rifatuz Zuhro

15/12/2021

Suasana duka masih kental terasa ketika Rombongan PCNU Jombang menginjakkan kaki di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (15/12), tempat Gunung Semeru memuntahkan Guguran Awan Panasnya, 4 Desember 2021 lalu. Rombongan PCNU Jombang yang terdiri dari NU Care-LAZISNU, LP Ma'arif NU dan perwakilan MWC NU di Jombang itu dikomandoi langsung oleh Katib Syuriah PCNU Jombang, H. Samsul Rijal dan Wakil Ketua PCNU Jombang, H. Hadi Syaifuddin yang turut menyerahkan bantuan untuk warga terdampak Erupsi Gunung Semeru.

Dalam pemaparannya, Ketua PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Jombang, Akhmad Zainuddin mengatakan bahwa sejak tragedi Erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12) hingga Selasa, (14/12) kemarin, segenap elemen NU yang dikomandoi PCNU Jombang melakukan misi kemanusiaan untuk melakukan penggalangan dana.

"Dari penggalangan dana tersebut, terkumpul 300 juta rupiah, yang sudah kami transfer dalam 2 tahap ke rekening Lazisnu Lumajang," ujarnya ketika disambut dan diterima langsung di Kantor PCNU Lumajang, Jalan Alun-Alun Timur No.3, Jogotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang juga dijadikan salah satu POS NU Peduli.

"Selasa kemarin sudah kami transfer 150 juta, dan pagi ini tadi kami sudah dikabari pihak BMT NU jika 150 juta sisanya juga sudah ditransfer," imbuh pria yang akrab disapa Gok Din ini.

Ia menyebut, yang menggerakkan warga Nahdliyyin Jombang untuk tergerak hatinya turut menolong adalah karena rasa kemanusiaan. "Hidup itu cuma ada dua, kapan menolong dan ditolong, mungkin hari ini kita menolong, mungkin suatu saat seperti tahun kemarin saat banjir (Jombang, red), kita juga ditolong oleh kabupaten-kabupaten yang lain, jadi gantian tidak boleh merasa paling menang sendiri," tegasnya.

Plt. Rais Syuriah PCNU Lumajang, Kiai Fanandri Abdus Salam mengatakan bahwa antusias warga NU dalam membantu sangat luar biasa. Hal ini menurutnya, dibuktikan semua elemen bergerak, dari tingkat ranting sampai cabang, semuanya ikut bergerak.

"Alhamdulillah dukungan dari berbagai lapisan masyarakat luar biasa, bahkan hari kedua terjadinya erupsi Gunung Semeru, kami kedatangan tamu yang membuat hati kami terenyuh, yakni tamu dari Pengurus Ranting Pohsangit Kidul, Probolinggo, mereka datang dengan naik sepeda montor, kiai, bantuan logistik yang akan diberikan itu menggunakan sepeda motor kaisar, pagi-pagi sudah datang. Tidak tahunya itu adalah warga kita dari Probolinggo yang datang ingin membantu," jelas Kiai Fanandri.

"Artinya bahwa musibah ini telah betul-betul membangkitkan empati, membangkitkan rasa kemanusiaan. Sekali lagi kami haturkan rasa terima kasih kepada rombongan PCNU Kabupaten Jombang, mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru," pungkasnya.

Penting diketahui, penanganan pasca Erupsi Gunung Semeru oleh Tim NU Peduli terus dilakukan dalam waktu jangka panjang, selain memberikan bantuan logistik, NU Peduli juga berkomitmen untuk membantu proses recovery korban terdampak Erupsi Gunung Semeru.

#ErupsiGunungSemeru #DonasiKorbanSemeru #SemeruPulih

Bagikan :

#ErupsiGunungSemeru #DonasiKorbanSemeru #SemeruPulih
Bagikan

Berita Lainnya